Pesona Tepian Mahakam


PESONA TEPIAN MAHAKAM SAMARINDA

Hai, Sahabat…
Sudah tidak asing lagi kan ya, dengan nama Samarinda. Ya! Samarinda adalah ibukota Propinsi Kalimantan Timur, pulau terbesar Indonesia kita.
Samarinda ini unik cukup unik, kotanya dibelah oleh sungai Mahakam. Aliran sungai Mahakam  melintasi sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat dan Kota Samarinda.
Berikut ini merupakan destinasi hiburan yang bisa kita nikmati  di sepanjang Tepian sungai Mahakam. 

sumber : Ari Subeno


1. Jembatan Mahakam
Jembatan Mahakam ini merupakan jembatan yang menghubungkan kota Samarinda yang terbelah oleh aliran sungai Mahakam. Dari jembatan Mahakam ini nih, pemandangan terhampar sangat jelas. Perahu Ketinting yang berlalu lalang membawa penumpang dan barang, taman indah yang mengular di sepanjang Tepian Mahakam serta kapal Tongkang yang mengangkut bijih batubara yang menggunung pun terlihat jelas. Pokoknya asyik deh, melepaskan pandangan serta menyaksikan hiruk pikuk di atas sungai Mahakam ini. Bahkan nih, di sepanjang bantaran sungai Mahakam padat berjajar rumah-rumah di atas air sungai Mahakam. Ternyata, tak semuanya sungai itu sempit. Buktinya, sungai Mahakam itu luas lho! 

Sumber : Ari Subeno

2. Taman Tepian Mahakam
Taman Tepian Mahakam sangat nyaman untuk bercengkerama, terutama di sore hari.  Banyak arena bermain untuk anak-anak. Sangat ramah untuk semua orang yang masuk area taman ini. Tidak sedikit pedagang asongan yang keliling taman menawarkan makanan kecil dan minuman. Banyak pula pengunjung yang hanya sekedar melepas lelah sambil duduk-duduk di pinggir sungai Mahakam. Anginnya yang semilir dan banyaknya pohon rindang di sekitarnya mampu menghalau teriknya Samarinda di siang hari. Sungainya yang luas, airnya yang tenang dan bersih kadang juga dimanfaatkan oleh anak-anak muda untuk berlatih ski air saat sore hari.
Bila malam menjelang, taman ini makin ramai. Banyak pedagang kaki lima yang berjejer menjajakan dagangannya. Pengunjung dimanjakan dengan berbagai macam makanan dan minuman yang enak dengan harga yang terjangkau.
Dari taman Tepian kita bisa melihat langsung beberapa bangunan megah  dan gedung pemerintahan yang makin cantik dengan ornamen-ornamen ciri khas Kalimantan Timur.

Sumber : Ari Subeno

3. Islamic Center
Islamic Center adalah masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Islamic Center merupakan masjid  terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Menara yang menjulang dan kubah yang besar makin menambah keagungan bangunannya. Hampir di setiap sudut bangunan terhampar taman dan lampu-lampu yang indah. Dan terlihat lebih indah bila dipandang saat mentari mulai rebah ke peraduan.
Di Islamic Center Samarinda juga tersedia beberapa bangunan untuk penginapan. Sering digunakan bila sedang ada acara besar di tempat ini. Kadang disewakan juga untuk pengunjung yang ingin bermalam di Tepian kota Samarinda.
Itulah Sahabat, beberapa tempat yang bisa dikunjungi sepanjang sungai Mahakam. Tepian Mahakam menyajikan begitu banyak pesona bagi pengunjungnya. Tempatnya yang luas dan segar cukup menghibur tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.














Komentar

  1. Islami center seperti lukisan ya... Indah sekali mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Dewi Adikara. Adem dan luaaass, juga cantik. Ayo ke sana mbak Dewi ;)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer